Christine B. Tenorio Presentasikan Paper di AICIS 2019

Oktober 4, 2019 oleh : superadmin-pa

Mahasiswa Program Doktor Politik Islam-Ilmu Politik UMY, Christine B. Tenorio ikuti 19th The Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Konferensi berlangsung selama 4 hari, 1-4 Oktober 2019 di Mercure Hotel Jakarta.

Bersama dengan Dr. Hasse J., M.A (Sekretaris Prodi Politik Islam-Ilmu Politik), Christine masuk dalam diskusi panel “Internet of Religion: Knowledge Production & Consumption among The Muslim”. Pada kesempatan ini, Christine menyampaikan papernya yang berjudul ““Internet of Religion: Knowledge Production & Consumption among The Muslim & Christian Society”.

Christine menerangkan penggunaan internet sebagai media dakwah yang dilakukan oleh ustad. Dia mencontohkan, dua pengkhotbah online terkenal di Indonesia dan Filipina, yaitu: Abdul Somad dan Card. Luis Antonio Tagle. Melalui analisis komparatif antara dua pengkhotbah populer memberikan temuan-temuan dari situasi internet dan agama saat ini di Filipina dan Indonesia.

Dia menemukan bahwa, Pertama, orang Indonesia lebih rentan terhadap pemberitaan agama digital dibandingkan dengan orang Filipina. Kedua, baik pendeta agama, kacamata agama menyentuh dan meyakinkan hati orang Filipina dan Indonesia melalui kata-kata dan kebijaksanaan mereka sebagai produk dengan strategi gaya khotbah dan karisma yang unik. Ketiga, pengkhotbah agama Indonesia lebih rentan terhadap masalah politik. Karena dibandingkan dengan pengaruh pengkhotbah agama Filipina dibatasi oleh hukum pemisahan negara antara Gereja dan negara.