Forum Diskusi Seminar

Program Doktor Politik Islam-Ilmu Politik UMY Mengadakan Diskusi dengan tema “European Policy For Refuges Crisis”

Pada kesempatan kali ini, Program Doktor Politik Islam-Ilmu Politik mengadakan diskusi di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan Tema  “European Policy For Refuges Crisis”. Pemaparan yang di sampaikan oleh Prof. Dr Christoph Behrens tentang kesamaan hak warga negara muslim yang ada di Jerman merupakan kebijakan pemerintah dalam menjujung nilai demokrasi.
Read more

Radikalisme dan Gerakan Islam Non Mainstream dan Kebangkitan Islam Politik di Indonesia

Isu Islam Radikal saat ini tengah marak diperbincangkan oleh publik. Terutama dengan adanya kasus pengeboman di Paris dan Penembakan di California yang dikait-kaitkan dengan ISIS (Islamic State of Iraq and Syria). Prof. Dr. Bilveer Singh dalam Seminar dan Launching buku ‘Radikalisme dan Gerakan Islam non Mainstream dan Kebangkitan Islam Politik di Indonesia’ mengungkapkan bahwa kemunculan Islam Radikal sudah lama dan tidak akan hilang bahkan sampai nanti.
Read more

Beyond Oligrachy: Policy Diffuse of Civil Service Reforms in a Decentralized Indonesia

Jatuhnya rezim Soeharto membawa atmosfer baru dalam dunia perpolitikan di Indonesia. Dalam ranah politik di Indonesia, para ahli mulai membangun kembali konstruksi demokrasi di Indonesia. Hal ini membawa para ahli di Indonesia untuk menerapkan teori Oligarki untuk menganalisa fenomena tersebut. Syamsuddin Haris, pengamat politik di LIPI misalnya, memperkenalkan istilah “Partai Politik Oligarki” pada tahun 2005.
Read more

Kepahlawanan KI Bagus Hadi Kusumo: Keikhlasan Pemimpin dan Penderitaan

Ki Bagus Hadi Kusumo memang baru saja diberikan gelar sebagai salah satu pahlawan nasional Republik Indonesia. Namun perannya dalam membuat pembukaan UUD 1945 dan juga perjuangannya menegakkan akidah Islam selama masa penjajahan patut untuk dipahami dan diteruskan oleh generasi bangsa selanjutnya. Tidak hanya didokumentasikan dalam bentuk karya tertulis, namun kisah perjuangan beliau sudah selayaknya diangkat ke dalam layar lebar.
Read more

Soft Launching Ahmad Syafii Maarif School of Political Thought and Humanity

Pemikiran-pemikiran Syai’i Maarif atau yang akrab dipanggil Buya Syafi’i ini dapat dijadikan sebuah ide yang sangat menarik yang tentu saja perlu dikembangkan. Buya selalu menawarkan pemikiran Islam moderat progessif yang inklusif bagi kemanusian. Oleh karena itu, tak heran jika Buya dipandang sebagai salah satu Guru Bangsa Indonesia. Oleh sebab itu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mendirikan “Ahmad Syafii Maarif Of Political Thought And Humanity”, yang bertujuan agar pemikiran-pemikiran Buya ini nantinya dapat diwariskan kepada pemuda dan pemudi Indonesia.
Read more

Muhammadiyah, Civil Society dan Negara; Arah Pemikiran dan Gerakan Abad Kedua

Permasalahan yang dihadapi bangsa dan masyarakat Indonesia sangat kompleks, baik itu masalah ekonomi, politik, maupun sosial. Namun, saat ini Indonesia terlalu fokus pada masalah politik. Sementara dua masalah krusial lainnya yakni ekonomi dan sosial, masih minim perhatian bahkan cenderung terabaikan. Akibatnya, bangsa Indonesia ini masih belum mampu menjadi negara yang benar-benar maju.
Read more