Dr. Zuly Qodir memberikan arahan kepada mahasiswa

Program Studi Doktor Politik Islam-Ilmu Politik UMY mengadakan Evaluasi Perkembangan Akademik Mahasiswa, Kamis (9/1) di Ruang Sidang Politik Islam Gedung Pascasarjana UMY. Kegiatan ini sebagai upaya memantau perkembangan tahapan akademik yang telah dilalui mahasiswa, seperti perkulian teori, penyusunan disertasi, dan naskah publikasi.

Ketua Program Studi, Dr. Zuly Qodir, M.Ag, menuturkan bahwa mahasiswa harus belajar dan berusaha keras untuk menyelesaikan studi.

“Mahasiswa yang telah selesai teori, segera mungkin menyusun literature review dan proposal penelitian. Sementara, bagi yang menyusun disertasi agar bimbingan secara intensif dan teratur ke promotor agar segera seminar hasil disertasi,” ujar Zuly Qodir di hadapan mahasiswa.

Naskah publikasi penelitian disertasi wajib diperhatikan bagi mahasiswa, mengingat output penelitian disertasi dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi dan nasional akreditasi serta di presentasikan pada forum internasional maupun nasional.

“Mahasiswa yang menyusun disertasi wajib mempublikasikan artikelnya pada jurnal internasional bereputasi dan nasional terakreditasi. Selain itu, juga di presentasikan pada forum ilmiah internasional maupun nasional. Ini merupakan syarat mutlak yang dipenuhi mahasiswa sebelum ujian terbuka dan merupakan syarat wisuda,” tambah Zuly Qodir.

Dr. Zuly Qodir berharap mahasiswa melaksanakan tahapan akademik dengan baik dan benar sehingga dapat lulus tepat waktu. (dep)