Upaya Program Doktor Politik Islam-Ilmu Politik UMY dalam memperkuat kajian ke-Islaman guna kemaslahatan umat, bangsa, dan negara terus dilakukan. Pada 28 September 2019, Ketua Program Studi, Dr. Zuly Qodir, M.Ag diundang menjadi narasumber pada Kuliah Umum di Pascasarjana IAIN Fattahul Muluk Jayapura Papua.

Selain menjadi narasumber, Dr. Zuly Qodir juga melakukan penjajakan kerjasama dengan jajaran Pascasarjana IAIN Fattahul Muluk dalam bidang akademik, riset kolaborasi, publikasi dan pengajaran. Hal ini sebagai upaya memperkuat kajian ke-Islaman di bagian timur Indonesia.

Sebelumnya komunikasi telah terbangun  dengan baik dan terjalin secara intensif. IAIN Fattahul Muluk telah mengutus 5 dosennya untuk belajar dan menimba ilmu di Program Doktor Politik islam-ilmu Politik. Sejauh ini, 2 dosen telah selesai dan menjadi alumni, 2 dosen selesai ujian tertutup dan 1 dosen masih proses penyelesaian disertasi.

Dr. Zuly qodir berharap kedepan akan ada kerjasama di bidang Tridharma Perguruan Tinggi  yang merespon current issues di Papua sebagai bentuk tanggungjawab kelembagaan Prodi Politik Islam-Ilmu Politik untuk senantiasa menyebarluaskan spirit Islam rahmatan lil alamin seperti halnya visi Muhammadiyah.