Menulis disertasi dan mempublikasikannya pada jurnal internasional bereputasi merupakan keharusan bagi mahasiswa dalam menempuh pendidikan di jenjang doktoral, tak terkecuali bagi mahasiswa politik islam-ilmu politik UMY. Dalam menulis disertasi diperlukan analisis data yang baik dan benar agar disertasi yang dihasilkan berkualitas. Dengan perkembangan informasi dan teknologi, aplikasi analisis data dalam menulis disertasi juga mengalami perkembangan, salah satunya Nvivo 12 Plus.

Merespon hal tersebut, Program Doktor Politik Islam-Ilmu Politik bekerjasama dengan Jusuf Kalla School of Government (JKSG) menggelar Workshop Penulisan Artikel dan Pelatihan Analis Data Kualitatif dengan Nvivo 12 Plus. Hadir sebagai speaker & trainer, Prof. Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc (Direktur JKSG), dan Salahudin, M.Si, M.P.A (Dosen UMM). Kegiatan ini diikuti mahasiswa politik islam-ilmu politik dan mahasiswa pascasarjana UMY.

Prof. Dr. Achmad Nurmandi menerangkan penggunaan aplikasi Nvivo dalam menulis disertasi dapat mempermudah mahasiswa dalam menampilkan data.

“Data kualitatif hasil penelitian dapat divisualkan dengan gambar sehingga dapat dengan mudah dibaca maupun dipahami oleh semua orang,” ungkapnya.

Sementara itu, Dian Suluh Kusuma Dewi,  mahasiswa politik islam-ilmu politik sangat antusias dan tertarik dalam mengikuti pelatihan. Dia mengungkapkan memperoleh wawasan baru dalam menganalisis data.

“Bagus, menambah khasananh keilmuan khususnya cara menganalisis data kualitatif agar data menjadi komprehensif,” pungkasnya.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari, (3-5/10) di Ruang Sidang Direktur Pascasarjana Kampus Terpadu UMY diharapkan mampu mendorong mahasiswa  menulis disertasi maupun artikel ilmiah secara baik dan berkualitas sehingga dapat dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi. (dep)