Keunggulan Prodi

Program Studi S3 Politik Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta merupakan satu-satunya program studi tingkat doktoral di Indonesia dan telah memperoleh Akreditasi A dari BAN-PT. Distingsi program studi ini selain terletak pada capaian-capaian yang telah diraih, juga ada pada kajian yang dikembangkan. Fokus kajian sebagaimana visi program studi adalah studi Islam Kawasan dengan tema sentral “Islam, Politics and Media”. Focus kajian ini dikaji menggunakan pendekatan multi-disiplin yang memungkinkan peminat dapat berasal dari berbagai latar belakang keilmuan atau disiplin ilmumisalnya agama, politik, sosiologi, media, dan sebagainya. Sebagai program doktoral, Program Studi Politik Islam-Ilmu Politik menentukan beberapa program yang menjadi unggulan, sebagai berikut:

  1. Kajian Politik Islam Empiris. Politik Islam Empiris sekaligus merupakan penciri program studi yang membedakan dengan program-program studi doktor yang ada di berbagai perguruan tinggi di Indonesia.
  2. Kolaborasi Penelitian. Penelitian yang melibatkan beberapa perguruan tinggi luar negeri mitra yang termasuk rangking 500 dunia.
  3. Kelas Internasional. Selama ini, telah berlangsung kelas doktor yang diikuti oleh 2 (dua) mahasiswa asing.
  4. Beasiswa. Program Studi Doktor Politik Islam-Ilmu Politik telah menjadi bagian dari penyelenggara Program 5000 Doktor yang digagas oleh Kemeterian Agama RI. Program Studi Doktor Politik Islam-Ilmu Politik memperoleh dukungan pendanaan berupa beasiswa dari program ini.