Program Studi Doktor Politik Islam-Ilmu Politik UMY, menempati posisi tertinggi di Indonesia dengan menggeser UGM, UI, UMM dan lainnya berdasarkan output dan outcome SINTA Ristekdikti.

Komitmen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) untuk menjadi salah satu perguruan tinggi Islam yang dapat bersaing di kancah nasional maupun internasional serta berperan dalam  memberikan solusi bagi permasalahan politik / Islam yang berkembang di tengah masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan mendirikan Program Studi Doktor Politik Islam – Ilmu Politik (PI-IP) pada tahun 2006 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI No.Dj.II/451/2006. 10 tahun setelah itu, tahun 2016 Program Studi Doktor Politik Islam mendapatkan SK BAN-PT No. 0104/SK/BAN-PT/Akred/D/III/2016 dengan nilai akreditasi A. Prodi ini merupakan satu – satunya program doktor politik Islam di Indonesia yang memperoleh nilai akreditasi A.

Sebagai program studi unggulan, S3 Politik Islam – Ilmu Politik terus berupaya dalam meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas dalam berbagai aspek. Program studi ini telah meraih berbagai prestasi di antaranya Peringkat 1 Jenjang Doktor Ilmu Politik Science and Technology Index (SINTA) Ristekdikti, mitra penyelenggara Beasiswa 5000 Doktor Dalam Negeri Kementerian Agama Republik Indonesia, serta Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) LPDP mulai tahun 2019.

Dengan sistem perkuliahan yang dirancang dengan sistem kendali mutu yang ketat, Program Studi Politik Islam-Ilmu Politik diharapkan mampu menghasilkan kualitas publikasi yang berstandar internasional. Bersama mahasiswa dan dosen, program studi mampu mempublikasikan 12 artikel jurnal terindeks scopus, 10 jurnal nasional terakreditasi , 3 Prosiding Internasional, 9 HaKI, dan 7 Buku. Tahun 2020 mentargetkan 50 artikel publikasi terindeks Scopus dengan sitasi tertinggi di Indonesia dalam bidang Ilmu Politik – Politik Islam.

Sementara itu, program internasionalisasi juga berjalan pesat, kerjasama dilakukan dengan beberapa Perguruan Tinggi mitra di luar negeri, seperti: Vrije Universiteit Amsterdam, Asia University, Khon Kaen University, Universiti Utara Malaysia (UUM), SIAS (China), Flinders University (Australia), Chullalongkorn University (Thailand) dan International Islamic University of Malaysia.

Kedepannya Program Studi Doktor Politik Islam – Ilmu Politik semakin mantap melangkah meningkatkan kualitas dan menjadi unggulan di kancah internasional dan nasional dengan lulusan – lulusan yang berkualitas / terbaik.