Program Studi Doktor Politik Islam-Ilmu Politik UMY mengadakan kuliah perdana pada semester ganjil tahun akademik 2019 – 2020. Kuliah yang berlangsung pada Senin, (16/9) di Ruang Sidang Politik Islam ini diikuti oleh 6 mahasiswa baru. Adapun mahasiswa baru tersebut ialah Andi Luhur, Shohibul Adib, M. Alkaf, M. Syamsurrijal, Mohammad Sheiki dan Rifaat.  Mohammad Sheiki merupakan mahasiswa asing yang berasal dari Tehran University, Iran.

Pertemuan pertama  perkuliahan ini diisi dengan mata kuliah Metodologi Penelitian Politik yang diampu oleh Prof. Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc. Perkuliahan yang berlangsung pada pukul 13.00 – 15.00 wib juga diisi oleh Prof. Patrik Meyer, Ph.D, yang sedang melakukan visiting professor di UMY. Pada kesempatan ini, Prof. Patrik Meyer menekankan pentingnya tiga pilar dalam pendidikan, antara lain: Etika, Disiplin dan Berpikir Kritis.

Mahasiswa baru antusias dalam mengikuti perkuliahan perdana ini. Perkuliahan semester ganjil tahun akademik 2019 – 2020 akan berlangsung selama satu semester. Di akhir perkuliahan, mahasiswa akan melaksanakan Ujian Komprehensif dan pengajuan Proposal Disertasi.