Sambutan Kaprodi

Program Studi S3 Politik Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta merupakan satu-satunya program studi tingkat doktoral di Indonesia dan telah memperoleh Akreditasi A dari BAN-PT. Distingsi program studi ini selain terletak pada capaian-capaian yang telah diraih, juga ada pada kajian yang dikembangkan. Fokus kajian sebagaimana visi program studi adalah studi Islam Kawasan dengan tema sentral “Islam, Politics and Media”. Focus kajian ini dikaji menggunakan pendekatan multi-disiplin yang memungkinkan peminat dapat berasal dari berbagai latar belakang keilmuan atau disiplin ilmu, misalnya agama, politik, sosiologi, media, dan sebagainya.

Sebagai program studi unggulan, S3 Politik Islam juga sangat konsens pada pengembangan studi politik Islam melalui forum- forum ilmiah. Setiap tahun, diagendakan minimal 4 (empat) kali diskusi terbuka berupa seminar dan kuliah umum yang diselenggarakan oleh program studi ini. Forum ilmiah sangat bermanfaat bagi up dating keilmuan khususnya bagi mahasiswa dalam rangka menemukan tema dan desain penelitian disertasinya yang selalu aktual dan sejalan dengan perkembangan keilmuan yang sedang trend.

Selain itu, sistem perkuliahan dirancang dengan sistem kendali mutu yang ketat. Para mahasiswa diberi ruang untuk menuangkan ide-ie cemerlangnya melalui skema penelitian (disertasi) yang terarah. Upaya ini didukung oleh faculty member program studi Politik Islam yang berasal dari akademisi-akademisi yang memiliki keahlian di bidangnya masing-masing. Mereka adalah partner utama mahasiswa untuk berdiskusi atau bertukar pikiran pada setiap kesempatan.

Rutinitas akademik program studi didukung tidak hanya oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melalui program UMY Scholarship, tetapi juga dari berbagai pihak termasuk instansi maupun perseorangan. Pada tahun 2016, Kementerian Agama Republik Indonesia melalui program MORA memberikan beasiswa kepada beberapa mahasiswa dari PTKIN. Musa Asy’ari Fellowship melalui Ahmad Syafii Maarif (ASM) School Political Thought and Humanity juga mendukung pembiayaan studi terhadap beberapa mahasiswa dari dalam dan luar negeri.