Seminar Hasil Penelitian Disertasi “Aji Deni”

Februari 21, 2019 oleh : superadmin-pa

Program Studi Doktor Politik Islam-Ilmu Politik menggelar Seminar Penelitian Disertasi bertajuk “Faksionalisasi Partai-Partai Politik di Maluku utara (Studi Kasus terhadap PPP, PAN dan PKS)”, Rabu (20/2), Ruang Sidang Prodi Politik Islam, Gedung Pascasarjana UMY. Pemaparan hasil penelitian  disertasi disampaikan oleh Aji Deni yang merupakan mahasiswa politik islam-ilmu politik.

Di hadapan Tim Penguji, Aji Deni mengungkapkan bahwa mekanisme penyelesaian konflik dalam PPP, PAN, dan PKS masing-masing berbeda. Resiko perpecahan bagi PKS dapat diatasi dengan mekanisme pemilihan internal partai. Mekanisme ini ditempuh agar tidak terjadi konflik sesama kandidat ketua. Sedangkan resiko perpecahan antar faksi PAN dan PPP tidak dapat dihindari karena lemahnya mekanisme internal yang dimiliki oleh ketua partai politik.

Aji Deni menambahkan faksionalisasi disebabkan oleh 4 faktor yaitu Pertama, Keberhasilan partai dalam pemilu dan daya Tarik bagi calon politisi dan persaingan personal. Kedua, Heterogenitas, konflik ideologi dan resiko perpecahan. Ketiga, Perebutan posisi kunci yang terbatas untuk menunjang politik karir. Keempat, Motivasi kesejahteraan dalam dilema kolektivitas partai vs individu.

Hadir sebagai Tim Penguji yaitu, Prof. Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc., Dr. Titin Purwaningsih, S.IP., M.Si., Dr. Zuli Qodir, M.Ag., dan Dr. Hasse J., M.A. (ketua sidang). Seminar bersifat terbuka dan disaksikan mahasiswa politik islam-ilmu politik.

Pada akhir seminar, penguji memberikan pertanyaan, saran maupun kritik terhadap materi teknis, metodologi dan substansi dari hasil penelitian disertasi yang telah dipaparkan. Aji Deni  diminta untuk melakukan revisi terhadap hasil penelitian disertasinya