Seminar Hasil Penelitian Disertasi “Faisal”

September 15, 2018 oleh : superadmin-pa

Program Doktor Politik Islam-Ilmu Politik kembali mengadakan Seminar Hasil Penelitian Disertasi bagi mahasiswannya. Seminar berlangsung pada Jumat, (14/9) di ruang Sidang Prodi Politik Islam-Ilmu Politik Pascasarjana Lt. 1, Gedung Kasman Singodimedjo, Kampus Terpadu UMY. Faisal yang mengambil judul “Pragmatisasi Nilai-Nilai Kultural Migran di Papua (Studi atas Eksistensi Muslim di Kabupaten Jayapura)memaparkan hasil penelitian disertasinya dihadapan penguji.

Faisal menjelaskan bahwa strategi penguatan ekonomi, politik dan keagamaan digunakan migran muslim dalam mempertahankan eksistensinya di Papua. Penguatan ekonomi dilakukan dengan membentuk basis ketahanan ekonomi berdasarkan kedaerahan. Migran berusaha melihat peluang yang ada dan mampu memobilisasi sekuat tenaga modal dari suatu kelompok sehingga dapat mengembangkan berbagai sektor ekonomi di Kabupaten Jayapura. Dalam bidang politik, migran muslim berupaya menempatkan wakilnya baik di legislatif maupun eksekutif. Hal ini merupakan bentuk hubungan sosial dari para migran agar mampu menyuarakan aspirasinya.

Dia menambahkan keberadaan Ormas Islam semakin dirasa penting pada era Otsus guna mempertahankan identitas dan eksistensi mereka. Penguatan identitas dilakukan melalui pembangunan berbagai yayasan pendidikan Islam dalam memperkuat pengetahuan keagamaan masyarakat. Keberadaan yayasan pendidikan ini ikut menunjang pemenuhan pendidikan masyarakat kabupaten Jayapura ketika tidak dapat ditampung di lembaga pendidikan negeri.

Hadir sebagai penguji diantarannya, Prof. Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc., Dr. Zuly Qodir, M.Si., Dr. Muhammad Azhar,M.A., dan Dr. Hasse J., M.A (Ketua Sidang). Seminar hasil bersifat terbuka dan disaksikan beberapa mahasiswa program doktor politik islam-ilmu politik.

Penguji memberikan pertanyaan, saran maupun kritik terhadap materi teknis, metodologi dan substansi dari hasil penelitian disertasi yang telah dipaparkan. Faisal diminta untuk melakukan revisi terhadap hasil peneletian disertasinya