Seminar Hasil Penelitian Disertasi : Rasdha Diana

November 18, 2017 oleh : superadmin-pa

Rabu, 15 November 2017 bertempat di Ruang Tutorial Lt.1 Pascasarjana UMY, telah dilaksanakan Ujian Seminar Hasil Penelitian Disertasi dari saudara Rasdha Diana. Pada kesempatan ini, Saudari Rasdha Diana memaparkan hasil penelitian disertasinya yang berjudul “Pelembagaan Politik Negara Modern Al – Mawardi” dihadapan penguji.
Rasdha Diana menjelaskan bahwa dalam teori politik Al-Mawardi tidak mengenal dikotomi antara pemimpin politik dan pemimpin agama. Sebagai pelopor pemikir politik islam, Al-Mawardi mencentuskan teori kenegaraan berupa teori pelembagaan khilafah, kontrak sosial dan lain-lain yang dituangkan dalam kitab al-Akham al-Sulthaniyyah. Dalam pelembagaan negara modern Al-Mawardi mendasarkan teori politiknya secara realistik. Pemikiran Al-Mawardi telah memberikan kontribusi terhadap perubahan pemerintahan pada masa Abbasiyah, dan merupakan pemikiran yang sangat modern. Konsep pelembagaan negara yang digagas Al-Mawardi sangat relevan dengan perkembangan lembaga kenegaraan modern saat ini. 

Adapun yang menjadi penguji, yaitu Prof. Dr. Siswanto Masuri, M.A, Dr. Surwandono, M.Si., Dr. Muh. Khaeruddin Hamsin, Dr. Mega Hidayati, M.A, dan Dr. Hasse J., M.A. (Ketua Sidang) serta hadir beberapa mahasiswa dari Program Doktor Politik Islam – Ilmu Politik.
Diakhir sesi, Penguji memberikan pertanyaan, saran maupun kritik terhadap materi teknis, metodologi dan substansi dari hasil penelitian disertasi yang telah dipaparkan. Saudari Rasdha Diana diminta untuk melakukan revisi terhadap hasil peneletian disertasinya.(wsn/dep)