Dalam rangka menyambut Mahasiswa Baru Program Pascasarjana dan pengenalan sistem akademik, Program Doktor Politik Islam-Ilmu Politik bekerjasama dengan Program Pascasarjana UMY mengadakan Seminar Internasional yang bertajuk  “Trend in Research Method for International Reputable Journal Publication”. Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu (15/9) di Amphiteater Fakultas Kedokteran Kampus Terpadu UMY.

Pada kesempatan ini, hadir narasumber dari UTeM Researcher Melaka Malaysia yaitu Prof. Dr. Izaidin Ab. Majid, Prof. Dr. Ahmad Rodzelan Yunus, Dr. Mohd Shamsuri Bin MD Saad, dan Dr. Mohd Fauzi Kamarudin. Seminar dibuka langsung oleh  Wakil Direktur Bidang Akademik, Prof. Dr. Siswoyo Haryono, M.Pd dan dihadiri Ketua Prodi se-Pascasarjana serta mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019.

Seminar membahas mengenai perkembangan metode penelitian yang digunakan pada penulisan jurnal yang bereputasi. Metode penelitian perlu dipahami mahasiswa sebagai upaya dalam menulis tugas akhir yang berupa tesis bagi program magister dan disertasi bagi program doktoral. Selain itu, publikasi artikel jurnal juga menjadi salah satu syarat kelulusan dalam menempuh studi di program pascasarjana. Mahasiswa diharapkan mampu menulis artikel jurnal yang bereputasi internasional dan bahkan bisa terindeks scopus.