Sugito (Kanan) memaparkan hasil penelitian disertasinya di hadapan tim penguji

Sugito, Mahasiswa Sem 4 Politik Islam melaksanakan Seminar Hasil Penelitian Disertasi yang diselenggarakan Program Studi Doktor Politik Islam –Ilmu Politik, Sabtu (24/8) di Study Hall Lt. 1 Pascasarjana Kampus Terpadu UMY. Naskah disertasinya yang berjudul “Kontribusi Institusi Informal dalam Misi Reformasi Sektor Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa di Timor Leste” dipaparkan dihadapan tim penguji.

Sugito menerangkan bahwa institusi informal berupa uma lisan dan gereja mampu memberikan rasa aman, perlindungan, dan mekanisme penyelesaian konflik yang lebih dipercaya oleh masyarakat Timor Leste. Institusi informal telah mampu menggantikan peran PNTL, F-FDTL dan lembaga pengadilan dalam menyediakan keamanan bagi masyarakat Timor Leste.

Dia menambahkan uma lisan dan gereja juga memainkan peran peace making dan peace keeping. Uma lisan dan gereja menjadi tempat perlindungan para pejuang dan pemuda di saat perjuangan melawan penjajah.

Hadir sebagai tim penguji, diantaranya Prof. Dr. Tulus Warsito, M.Si, Dr. Mega Hidayati, M.A., Ali Muhammad, Ph.D., Ali Maksum, Ph.D., Dr. Zuly Qodir, M.Ag dan Dr. Hasse J., M.A(ketua sidang).  Seminar hasil penelitian disertasi bersifat terbuka dan disaksikan mahasiswa Program Studi Doktor Politik Islam –Ilmu Politik.

Diakhir seminar, Penguji memberikan pertanyaan, saran maupun kritik terhadap materi teknis, metodologi dan substansi dari hasil penelitian disertasi yang telah dipaparkan. Sugito diminta untuk melakukan revisi terhadap hasil penelitian disertasinya