Dalam rangka peningkatan kualitas berita, Program Pascasarjana UMY mengadakan Pelatihan Jurnalistik bagi Admin Website Prodi, Sabtu (12/1) di Ruang Sidang Direktur Pascasarjana Lantai 1, Gedung Kasman Singodimedjo, Kampus Terpadu UMY. Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari Biro Humas dan Protokol, Sakinatudh Dhuhuriyah, S.kom.I. dan diikuti seluruh admin website prodi se-Pascasarjana UMY.

Di hadapan peserta, Sakinatudh menjelaskan unsur-unsur penting yang wajib ada pada sebuah berita. “Keberadaan 5 W 1 H (what, who, when, where, why, how) menjadi unsur penting dalam berita agar informasi yang disampaikan  mudah dipahamai dan dimengerti oleh pembaca,” ungkap Sakinatudh.

Selain itu, penggunaan kalimat efektif perlu diperhatikan dalam penulisan sebuah berita. “Terdapatnya pengulangan kata-kata yang sama dalam berita sebisa mungkin dapat diminimalisir agar informasi yang ditampilkan tidak membosankan,” tambah Sakinatudh.

Sakinatudh berharap kedepannya pelatihan ini dapat dilaksanakan secara intensif dan berkelanjutan. “Penulisan berita yang berkualitas tidak selesai dalam sehari ataupun dua hari, diperlukan upaya lanjutan agar kaidah penulisan berita dapat diterapkan dan ditaati,” tutupnya. (DEP/WSN)