Program Doktor Politik Islam – Ilmu Politik mengadakan Ujian Komprehensif dan Pra-Proposal serta  Seminar Proposal Disertasi bagi mahasiswanya pada sabtu, (3/2) di Ruang Tutorial Gedung Pascasarjana Lt. 1 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Ujian Komprehensif dan Pra-Proposal ini diikuti oleh 3 mahasiswa yaitu, Sugito, Paryanto dan Yulia Rustiyaningsih. Sedangkan Ujian Seminar Proposal juga diikuti 3 mahasiswa yaitu, Sadhono Hadi, Aji Deni dan Dian Suluh Kusuma D.

Ujian Komprehensif dan Pra-Proposal berlangsung pada pukul 08.00 – 11.15 wib. Pada sesi pertama, Sugito memaparkan pra-proposal yang berjudul “Kegagalan Desekuritas dalam Pembangunan Perdamaian di Timor Leste 2006 – 2017” dihadapan penguji. Sesi Kedua, Paryanto memaparkan “Islamophobia dalam Penanggulangan Radikalisme di Indonesia”. Sedangkan, Sesi Ketiga Yulia memaparkan “Kesenjangan Pelayanan Publik (Studi terhadap Dinamika Praktek Pelayanan Publik di RSUD Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul”.

Sementara itu, seminar proposal disertasi berlangsung pada pukul 10.30 – 14.00 wib. Sadhono Hadi mendapat kesempatan pertama untuk memaparkan proposalnya yang berjudul “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kolusi Antara Politisi dengan Pengusaha dalam Korupsi di Indonesia” dihadapan penguji. Pada sesi kedua, Aji Deni memaparkan “Faksionalisasi Internal Partai-Partai Politik Islam di Maluku Utara pada Pemilu Legislatif 2009 dan Pemilu Legislatif 2014”. Sedangkan sesi ketiga, Dian Suluh memaparkan “Agama dan Motivasi Pelayanan Publik: Studi Komparasi pada Agama Hindu dan Islam”.

Adapun penguji yang hadir diantaranya, Prof. Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc., Dr. Surwandono, M.Si., Dr. Mega Hidayati, M.A., Dr. Hasse J., M.A.,  Dr. Ulung Pribadi, M.A., Dr. Trisno Raharjo, S.H., M.Hum., Dr. Suranto, M.Pol., Dr. Dyah Mutiarin, M.Si., dan Eko Priyo Purnomo, M.Res., Ph.D. Diakhir sesi, penguji memberikan saran dan kritikan terhadap pra-proposal dan proposal disertasi yang telah dipaparkan. Enam mahasiswa tersebut diminta melakukan revisi atas saran dan kritikan yang telah diberikan oleh penguji.