Ujian Tertutup Disertasi: Enrique B. Batara

Desember 2, 2017 oleh : superadmin-pa

Sabtu, (2/12) di Ruang Tutorial Lt.1 Pascasarjana UMY, telah dilaksanakan Ujian Tertutup Disertasi dari Enrique B. Batara. Pada kesempatan ini, Enrique B. Batara memaparkan disertasinya yang berjudul “Local e-Government Transformation: A Comparative Case Study of Surabaya, Indonesia and Davao, Philippines” (Transformasi e-Government Lokal: Studi Kasus Komparatif Surabaya, Indonesia dan Davao, Filipina) dihadapan penguji.

Batara menjelaskan bahwa sikap merupakan prediktor yang sangat penting untuk mengadopsi transformasi e-government di keempat dimensi, sementara harapan kinerja, pengaruh sosial dan kondisi fasilitasi juga secara positif mempengaruhi niat untuk mengadopsi perancangan ulang proses, penataan organisasi, dan budaya dan perubahan perilaku di pemerintahan kota. Pengalaman kerja panjang responden muncul sebagai variabel moderasi yang signifikan. Usia responden tidak tampak sebagai faktor moderat.

Batara menambahkan, agar transformasi e-government dapat disesuaikan dan efektif, diperlukan kondisi pendukung dan fasilitasi. Dukungan struktural, teknis dan finansial serta kerangka hukum, untuk transformasi e-government lokal harus dilakukan. Kegiatan yang dapat mempromosikan mempertahankan dan mempertahankan sikap positif dan ekspektasi kinerja yang tepat terhadapnya harus dilakukan secara rutin. Kepemimpinan politik dan kemauan politik harus ditunjukkan oleh aktor dan pemangku kepentingan yang signifikan.

Hadir sebagai Tim Penguji diantaranya, Dr. Hasse J., M.A. (Ketua Sidang), Dr. Mega Hidayati, M.A. (Sekretaris Sidang), Prof. Dr. Tulus Warsito, M.Si. (Promotor/ Penguji I), Prof. Wahyudi Kumorotomo, MPP. (Co-Promotor I / Penguji II), Prof. Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc. (Co-Promotor II / Penguji III), Dr. Dyah Mutiarin, M.Si (Penguji IV), dan Eko Priyo Purnomo, M.Res., Ph.D (Penguji V).

Setelah mempertimbangkan jawaban atas pertanyaan dan keberatan Tim Penguji dalam Ujian Tertutup Disertasi, Tim Penguji memutuskan bahwa Enrique B. Batara dinyatakan LAYAK maju ke Ujian Promosi Doktor (Terbuka) dengan perbaikan. Enrique B. Batara diminta menyempurnakan disertasi sesuai saran, masukan, dan arahan dari Tim Penguji.