Ujian Tertutup Disertasi “Tri Joko Waluyo”

Desember 9, 2017 oleh : superadmin-pa

Orientasi Politik Masyarakat Air Tiris Kampar Riau Terhadap Partai Politik Islam dalam Pemilu mengalami perubahan. Pada pemilihan umum 1999 dan 2004 Partai-partai Politik Islam berhasil memperoleh suara terbanyak mencapai 86,53 persen dan 80,30 persen. Sebaliknya, pada pemilihan umum 2009 dan 2014 Partai-partai Politik Islam mengalami penurunan yang drastis yaitu hanya 46,72 persen dan 17,20 persen. Kondisi ini menunjukkan adanya perubahan orientasi politik para pemilih partai-partai politik Islam.

Hal tersebut sebagaimana dipaparkan Tri Joko Waluyo dalam Ujian Tertutup Disertasinya yang berjudul “Perubahan Orientasi Politik Masyarakat Air Tiris Kampar Riau dalam Pemilihan Umum terhadap Partai Politik Islam (Studi Kasus Pemilihan Umum Tahun 1999, 2004, 2009 dan 2014)” dihadapan penguji, Sabtu, (9/12) Ruang Tutorial Lt.1 Pascasarjana UMY.

Tri Joko menjelaskan bahwa perubahan orientasi politik masyarakat Air Tiris dari mendukung partai-partai politik Islam menjadi mendukung partai-partai politik non Islam dipengaruhi oleh, Pertama, masyarakat Islam, santri, tidak selalu menjatuhkan pilihannya kepada partai-partai Islam, politik aliran telah melemah. Kedua, terjadi identifikasi kepartaian yang mulai melemah. Ketiga, sikap dan aktifitas masyarakat desa, termasuk sikap dalam menentukan pilihan pada pemilihan umum, sangat didominasi dan dipengaruhi oleh para pemimpin dalam hubungan yang bersifat paternalistik.

Hadir sebagai Tim Penguji diantaranya, Dr. Mega Hidayati, M.A (Ketua Sidang), Dr. Ahmad Sahide, M.A (Sekretaris), Prof. Tulus Warsito, M.Si (Co-Promotor/Penguji I), Dr. Ulung Pribadi, M.Si (Co-Promotor I/Penguji II), Prof. Achmad Nurmandi, M.Sc (Co-Promotor II/Penguji III), Dr. Suranto, M.Pol (Penguji IV) dan Dr. Hasse J, M.A (Penguji V).

Setelah mempertimbangkan jawaban atas pertanyaan dan keberatan Tim Penguji dalam Ujian Tertutup Disertasi, Tim Penguji memutuskan bahwa Tri Joko Waluyo dinyatakan LAYAK maju ke Ujian Promosi Doktor (Terbuka) dengan perbaikan. Tri Joko Waluyo diminta menyempurnakan disertasi sesuai saran, masukan, dan arahan dari Tim Penguji.(DEP/WSN)