Workshop “Social Network Analysis”

Oktober 8, 2018 oleh : superadmin-pa

Dewasa ini penyebaran informasi tidak hanya melalui media cetak seperti koran, tabloid atau majalah akan tetapi sudah merambah pada media online. Beberapa platform media sosial online seperti, Facebook, Twitter, Instagram dapat dijadikan sarana penyampaian informasi. Perkembangan informasi yang ada dalam media sosial dapat dianalisis sebagai data untuk keperluan riset atau penelitian.

Dalam rangka pemanfaatan informasi sebagai data penelitian, Program Doktor Politik Islam-Ilmu Politik mengadakan Workshop “Social Network Analysis” pada Sabtu, (6/10) di Ruang Sidang Prodi Politik Islam-Ilmu Politik Pascasarjana Lt. 1, Gedung Kasman Singodimedjo, Kampus Terpadu UMY. Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Lembaga Kerjasama UMY, Agus Tiyara, S.IP., dan diikuti beberapa dosen dan mahasiswa politik islam.

Agus Tiyara menyampaikan aplikasi seperti, NodeXL, Gephi dan NVivo dapat digunakan untuk menganalisis informasi yang ada di media sosial. Informasi pada platform facebook, twitter, Instagram dapat diambil melalui Netlytic yang kemudian datanya dapat diolah di Gephi maupun NodeXL. Sementara itu, NVivo dapat digunakan untuk mengolah data yang berupa teks, audio, video dan gambar.

Selain penyampaian materi, Agus Tiyara juga memberikan tutorial penggunaan aplikasi pengolah data tersebut. Dia mencontohkan pengambilan informasi di facebook melalui Netlytic yang kemudian datanya dimasukkan dan diolah di aplikasi Gephi. Kedepannya kegiatan workshop ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.