Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Riau Tahun 2014-2016

16 Maret 2021, oleh: superadmin

Mahasiswa Politik Islam-Ilmu Politik UMY Dia Meirina Suri sukses melaksanakan Ujian Tertutup Disertasi. Ujian digelar Program Studi Doktor Politik Islam-Ilmu Politik pada Senin (16/3) di Ruang Sidang Direktur Pascasarjana UMY. Dia Meirina Suri memaparkan disertasinya berjudul “ Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Riau Tahun 2014-2016” di hadapan tim penguji.

Dia Meirina Suri  menemukan bahwa narasi media berperan dalam proses kebijakan, adanya masalah kebijakan, adanya solusi yang ditawarkan serta terdapatnya karakter-karakter pada aktor yang menarasikan masalah dan solusi kebijakan. Hal ini memperkuat Penelitian Narrative Policy Frame Work (NPF) yang diilakukan oleh Shanahan (2017) yang mengatakan bahwa narasi pada media berperan dalam proses kebijakan.

Dosen Universitas Islam Riau ini menambahkan narasi media ditemukan masalah kebijakan pengendalian kebakaran hutan dan lahan,di Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Rokan Hilir. Masalah yang dinarasikan meskipun bervariasi namun masih berada diruang lingkup yang sama yaitu yang pertama adalah kebijakan yang masih tumpang tindih, kemudian pemberian izin yang luas dalam pemanfaatan lahan dan penegakkan hukum yang tidak tegas terhadap pelaku pembakaran

Dia melihat bahwa Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Rokan Hilir secara umum menemukan karakter penjahat itu ada pada perusahaan yang lahannya terbakar, kepolisian yang tidak tuntas dalam melakukan penyelidikan, pengadilan yang tidak berimbang dalam memutuskan perkara dan masyarakat yang membakar lahannya

Hadir sebagai Tim Penguji antara lain, Prof. Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc, Prof. Dr. Wahyudi Kumorotomo, MPP, Faris Al-Fadhat, Ph.D, Dr. Zuly Qodir, M.Ag., Dr. Hasse J., M.A, dan Dr. Mega Hidayati, M.A (Ketua Sidang). Penguji memberikan saran dan kritik terhadap materi yang telah dipaparkan. Dia Meirina Suri  diminta memperbaiki sesuai arahan tim penguji.