Profil

Dr. Zuly Qodir, M.Ag

Program Studi S3 Politik Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta merupakan satu-satunya program studi tingkat doktoral di Indonesia dan telah memperoleh Akreditasi A dari BAN-PT. Distingsi program studi ini selain terletak pada capaian-capaian yang telah diraih, juga ada pada kajian yang dikembangkan. Fokus kajian sebagaimana visi program studi adalah studi Islam Kawasan dengan tema sentral “Islam, Politics and Media”. Focus kajian ini dikaji menggunakan pendekatan multi-disiplin yang memungkinkan peminat dapat berasal dari berbagai latar belakang keilmuan atau disiplin ilmumisalnya agama, politik, sosiologi, media, dan sebagainya.

Sebagai program studi unggulan, S3 Politik Islam juga sangat konsens pada pengembangan studi politik Islam melalui forum- forum ilmiah. Setiap tahun, diagendakan minimal 4 (empat) kali diskusi terbuka berupa seminar dan kuliah umum yang diselenggarakan oleh program studi ini. Forum ilmiah sangat bermanfaat bagi up dating keilmuan khususnya bagi mahasiswa dalam rangka menemukan tema dan desain penelitian disertasinya yang selalu aktual dan sejalan dengan perkembangan keilmuan yang sedang trend.

Selain itu, sistem perkuliahan dirancang dengan sistem kendali mutu yang ketat. Para mahasiswa diberi ruang untuk menuangkan ide-ie cemerlangnya melalui skema penelitian (disertasi) yang terarah. Upaya ini didukung oleh faculty member program studi Politik Islam yang berasal dari akademisi-akademisi yang memiliki keahlian di bidangnya masing-masing. Mereka adalah partner utama mahasiswa untuk berdiskusi atau bertukar pikiran pada setiap kesempatan.

Rutinitas akademik program studi didukung tidak hanya oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melalui program UMY Scholarship, tetapi juga dari berbagai pihak termasuk instansi maupun perseorangan. Pada tahun 2016, Kementerian Agama Republik Indonesia melalui program MORA memberikan beasiswa kepada beberapa mahasiswa dari PTKIN. Musa Asy’ari Fellowship melalui Ahmad Syafii Maarif (ASM) School Political Thought and Humanity juga mendukung pembiayaan studi terhadap beberapa mahasiswa dari dalam dan luar negeri.

Pendirian Program Studi Doktor Politik Islam-Ilmu Politik dilatarbelakangi oleh kesenjangan antara harapan dengan kenyataan. Pada awal abad ke-21, masyarakat dunia, khususnya Indonesia, sangat berharap akan munculnya era kebangkitan Islam, termasuk dalam dunia politik. Namun, kenyataannya publik sangat kecewa dengan prestasi politik Islam di berbagai negara yang cenderung justru membawa ketidakbaikan bagi kehidupan umat manusia. Sayangnya, tidak ada program studi doktor politik di berbagai perguruan tinggi yang khusus mengkaji masalah ini. Di satu sisi, banyak perguruan tinggi Islam lebih memfokuskan diri pada kajian normatif dan historis tentang politik di masa sahabat-sahabat nabi hingga abad modern. Di lain sisi, banyak perguruan tinggi negeri lebih mengkaji fenomena politik kekinian. Oleh karena itu, untuk memenuhi harapan publik akan kajian-kajian yang memadukan pendekatan-pendekatan yang ada, UMY mendirikan Program Studi Doktor Politik Islam – Ilmu Politik.

Program Studi Doktor Politik Islam – Ilmu Politik didirikan pada tahun 2006. Pendirian Prodi ini disahkan oleh Pemerintah berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI No.Dj.II/451/2006. Nomor SK Izin Operasional Prodi Politik Islam – Ilmu Politik ini adalah Dj.II/451/2006 (Perpanjangan: Dj.I/398/2010). Prodi Politik Islam – Ilmu Politik ini telah memperoleh akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dengan Peringkat (Nilai) Akreditasi B dengan Nomor SK BAN-PT: 013/BAN-PT/Ak-IX/S3/XI/2010. Kemudian pada tahun 2016 secara luar biasa Prodi ini mendapatkan SK BAN-PT No. 0104/SK/BAN-PT/Akred/D/III/2016 dengan nilai akreditasi “A.” Dengan kata lain, prodi ini merupakan satu-satunya program doktor politik Islam di Indonesia yang memperoleh nilai akreditasi A.

Visi Program Studi Politik Islam – Ilmu Politik UMY adalah “Menjadi program studi strata doktor ilmu politik dengan fokus studi Islam kawasan yang terkemuka di Asia dalam pengembangan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru melalui riset empiris yang dipublikasikan secara nasional dan internasional untuk kemaslahatan umat, bangsa, dan negara”. Penelitian dan kajian spesifiknya meliputi politik perdamaian; studi Islam kawasan; Islam dan nation-state; Islam dan demokrasi; Islam dan relasi minoritas-mayoritas; hukum negara dan perundangan syariat Islam; Islam: konflik dan integrasi; Islam dan HAM; Islam dan gender; Islam dan NGO; Islam dan nasionalisme; Islam dan sekularisme; liberalisme dan pluralisme Islam; fundamentalisme Islam; terorisme; Islam dan civil society; media, Islam, dan negara; clean dan good governance in Islam; Islam dan toleransi; multicultural citizenship; Islam dan kebijakan publik; pemikiran politik Islam; politik ekonomi; partai politik Islam; ormas Islam; kelompok kepentingan Islam; kelompok penekan Islam.
Pada fase berikutnya, pengembangan kelembagaan Prodi ini berjalan sangat pesat. Prodi ini bekerjasama dengan Prodi-prodi lain yang linier di UMY telah mendirikan Jusuf Kalla School of Government (JKSG) pada tahun 2011, Ahmad Syafii Maarif (ASM) School of Political Thought and Humanity pada tahun 2015, dan Mahathir Global Peace School (MGPS) – IDFR (Institute of Diplomacy and Foreign Relations) pada tahun 2016.

Kegiatan pembentukan jejaring (networking) nasional dan internasional pun telah dilakukan. Dosen-dosen tetap pada Prodi ini bekerjasama dengan Magister Ilmu Pemerintahan, Magister Hubungan Internasional, dan Program Studi Sarjana Ilmu Pemerintahan UMY mengadakan kegiatan-kegiatan berskala internasional, seperti Konferensi Internasional (ICONPO) dengan dihadiri seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia serta Korea University dan Thammasat University, Thailand. Kegiatan akademik terkait dengan jejaring yang telah dibuat, antara lain meliputi kegiatan kuliah umum dengan mengundang pakar dan praktisi politik dan pemerintahan seperti Syafii Maarif, Amien Rais, Fahmi Idris, Jusuf Kalla, Herry Zudianto, dan beberapa tokoh nasional lainnya serta pemberian beasiswa dan research funding dari para tokoh tersebut.

Sementara itu, program internasionalisasi juga berjalan pesat, kerjasama dilakukan dengan beberapa Perguruan Tinggi mitra di luar negeri, seperti: Universiti Sains Malaysia (USM), Universiti Utara Malaysia (UUM), SIAS (China), Flinders University (Australia), Chullalongkorn University (Thailand) dan International Islamic University of Malaysia. Pelbagai kegiatan seperti lecturer exchange dan joint international conference telah dilakukan dengan lembaga mitra tersebut yang melibatkan mahasiswa dan dosen dari kedua pihak. Di samping itu, Prodi juga menerima visiting fellows dari University of Maryland (US) dan Bangladesh selama 1 (satu) tahun untuk melakukan penelitian dan mengajar. Di lain pihak, terdapat 1 (satu) dosen yang menjadi visiting fellows di National University of Singapore (NUS) dan 1 (satu) dosen di Korea University, serta 1 (satu) dosen menjadi visiting professor di Universiti Utara Malaysia.

Visi

“Menjadi program studi strata doktor ilmu politik dengan fokus studi Islam kawasan  yang terkemuka di Asia dalam pengembangan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru melalui riset empiris yang dipublikasikan secara nasional dan internasional untuk kemaslahatan umat, bangsa, dan negara pada tahun 2023..”

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran politik ke-Islam-an –  berbasis Ilmu Sosial Politik (hubungan internasional, pemerintahan, administrasi negara, komunikasi, sosiologi)  yang dipadukan secara tematik, integratif,  dan inovatif dengan studi politik Islam kontemporer.
  2. Mengembangkan teori dan ilmu pengetahuan baru bidang politik ke-Islam-an melalui penelitian dan kajian empiris tentang politik perdamaian; studi Islam kawasan; Islam dannation-state; Islam dan demokrasi; Islam dan relasi minoritas-mayoritas; hukum negara dan perundangan syariat Islam; Islam: konflik dan integrasi; Islam  dan HAM; Islam  dan gender; Islam  dan NGO; Islam  dan nasionalisme; Islam  dan sekularisme; liberalisme  dan pluralisme Islam; fundamentalisme Islam; terorisme; Islam  dan civil society; media, Islam dan negara;clean dan good governance in Islam; Islam dan toleransi; multicultural citizenship; Islam  dan kebijakan publik; pemikiran politik Islam; politik ekonomi; partai politik Islam; ormas Islam; kelompok kepentingan Islam; kelompok penekan Islam.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat yang kontributif dalam memecahkan permasalahan kebangsaan, keumatan, dan kemanusiaan

Akademik dan Data

Wasono

nano_wsn@yahoo.com

1. Lingkup Kerja
  • Bertanggungjawab untuk urusan akademik dan data di tingkat program studi

2. Koordinasi dan Tanggungjawab

  • Berkoordinasi sesama staf dan bertanggungjawab kinerja kepada ketua dan sekretaris program studi

3. Uraian Pekerjaan

a.       Menyusun agenda perkuliahan program studi, meliputi:

  • Menyusun jadwal perkuliahan
  • Menyusun formulir kesediaan dosen dalam mengajar
  • Mengkonfirmasi kesediaan dosen dalam mengajar

b.      Memproses surat masuk dan keluar, meliputi:

  • Mengarsip surat yang masuk dan keluar
  • Membalas surat masuk bila diperlukan ke instansi maupun antar program studi di lingkungan universitas
  • Menyusun surat keputusan pengajuan penunjukan pembimbingan akademik, promotor, pengajaran mata kuliah, tim penguji/reviewer dan kepanitian kegiatan dilingkungan program studi

c.       Memberikan pelayanan akademik kepada mahasiswa, meliputi:

  • Penyusunan surat izin penelitian bagi mahasiswa
  • Penyusunan surat keterangan aktif mahasiswa
  • Penyampaian kartu hasil studi mahasiswa
  • Penyampaian transkrip nilai semester mahasiswa

d.      Menginput dan memperbarui data mahasiswa pada pangkalan data pendidikan tinggi (PD DIKTI) kementerian riset teknologi dan pendidikan tinggi

e.       Menyusun laporan tentang data akademik tiap semester, meliputi:

  • Memproses dan menyimpan data mahasiswa
  • Memproses dan menyimpan data dosen
  • Memproses dan menyimpan biodata dosen dan mahasiswa

f.       Memproses dan melaporkan data calon wisudawan ke Biro Akademik Universitas

g.       Menerima dan mengangkat telfon masuk ke program studi

h.     Membantu kegiatan insidental, meliputi:

  • Membantu pelaksanaan ujian-ujian ditingkat program studi
  • Membantu pelaksanaan seminar, konferensi, workshop, focus group discussion, kuliah umum dan lain sebagainya
Keuangan

Menik Trisakti

Menik.gow2@yahooo.co.id

1. Lingkup Kerja
  • Bertanggungjawab untuk urusan keuangan di tingkat program studi

2. Koordinasi dan Tanggungjawab

  • Berkoordinasi sesama staf dan bertanggungjawab kinerja kepada ketua dan sekretaris program studi

3. Uraian Pekerjaan

a.       Menyusun perencanaan anggaran kegiatan program studi

b.      Menyusun laporan pertanggungjawaban keuangan program studi

c.       Memberikan pelayanan kepada mahasiswa terkait keterangan keuangan, meliputi:

  • Surat keterangan bebas sumbangan penyelenggaraan pendidikan (SPP) bagi calon wisudawan program studi
  • Surat tagihan sumbangan penyelenggaraan pendidikan (SPP) bagi mahasiswa penerima beasiswa universitas

d.      Menginput tagihan pembiyaan sumbangan penyelenggaran pendidikan (SPP) mahasiswa tiap semester pada SIM Keuangan Akademik

e.       Melakukan pembayaran honorarium bagi pengajar dan staf pelaksana perkuliahan, narasumber/pembicara dan panitia pada kegiatan program studi

f.       Menyusun pengadaan perlengkapan alat tulis kantor (ATK) program studi

g.     Penyediaan akomodasi perjalanan dinas dan pertemuan ilmiah dosen

h.     Menerima dan mengangkat telfon masuk ke program studi

i.      Membantu kegiatan insidental, meliputi:

  • Membantu pelaksanaan ujian-ujian ditingkat program studi
  • Membantu pelaksanaan seminar, konferensi, workshop, focus group discussion, kuliah umum dan lain sebagainya

 

Informasi dan Umum

Danang Eko Prastya

prastya.de@gmail.com

1. Lingkup Kerja
  • Bertanggungjawab untuk urusan informasi dan umum di tingkat program studi
2. Koordinasi dan Tanggungjawab
  • Berkoordinasi sesama staf dan bertanggungjawab kinerja kepada ketua dan sekretaris program studi
3. Uraian Pekerjaan a.      Mengoperasikan Website program studi, meliputi:
  • Pembaruan informasi seputar program studi
  • Pembaruan berita kegiatan program studi
  • Pembaruan menu dan submenu serta konten website
b.      Memperbarui data informasi dosen pada akun – akun yang dimiliki, meliputi:
  • Science and Technology Index (Sinta) Ristekdikti
  • Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (Sister) Ristekdikti
  • Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Simlitabmas) Ristekdikti
  • Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Simlitabmas) Universitas
  • Sistem Informasi Pegawai Universitas
  • UMY Research Repository
  • Google Scholar
  • Open Researcher and Contributor ID (ORCID)
c.     Mengoperasikan aplikasi 5000 Doktor Dalam Negeri d.     Memperbarui data SIM MOU-MOA program studi e.     Memperbarui data SIMKATMAWA Program Studi f.     Membantu proses registrasi mahasiswa g.     Mengoperasikan E-Letter dan E-Arsip h.    Mengirimkan surat-surat akademik baik online maupun offline i.    Menerima dan mengangkat telfon masuk ke program studi j.     Membantu kegiatan insidental, meliputi:
  • Membantu pelaksanaan ujian-ujian ditingkat program studi
  • Membantu pelaksanaan seminar, konferensi, workshop, focus group discussion, kuliah umum dan lain sebagainya
 
Informasi dan Umum

Akbar Nur Aziz

akbarnuraziz9@gmail.com

1. Lingkup Kerja
  • Bertanggungjawab untuk urusan informasi dan umum di tingkat program studi

2. Koordinasi dan Tanggungjawab

  • Berkoordinasi sesama staf dan bertanggungjawab kinerja kepada ketua dan sekretaris program studi

3. Uraian Pekerjaan

a.      Mengoperasikan Website program studi, meliputi:

  • Pembaruan informasi seputar program studi
  • Pembaruan berita kegiatan program studi
  • Pembaruan menu dan submenu serta konten website

b.      Memperbarui data informasi dosen pada akun – akun yang dimiliki, meliputi:

  • Science and Technology Index (Sinta) Ristekdikti
  • Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (Sister) Ristekdikti
  • Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Simlitabmas) Ristekdikti
  • Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Simlitabmas) Universitas
  • Sistem Informasi Pegawai Universitas
  • UMY Research Repository
  • Google Scholar
  • Open Researcher and Contributor ID (ORCID)

c.     Mengoperasikan aplikasi 5000 Doktor Dalam Negeri

d.     Memperbarui data SIM MOU-MOA program studi

e.     Memperbarui data SIMKATMAWA Program Studi

f.     Membantu proses registrasi mahasiswa

g.     Mengoperasikan E-Letter dan E-Arsip

h.    Mengirimkan surat-surat akademik baik online maupun offline

i.    Menerima dan mengangkat telfon masuk ke program studi

j.     Membantu kegiatan insidental, meliputi:

  • Membantu pelaksanaan ujian-ujian ditingkat program studi
  • Membantu pelaksanaan seminar, konferensi, workshop, focus group discussion, kuliah umum dan lain sebagainya

 

Ruang Kelas
Ruang Kelas

Ruangan dan tata letak kelas yang nyaman dan fleksibel menyesuaikan aktifitas pembelajaran seperti ceramah, diskusi maupun presentasi dalam penyampaian materi kuliah berbasis multimedia dengan tersedianya layar LCD dan Sound System.

Ruang Kerja Mahasiswa
Ruang Kerja Mahasiswa

Memberikan kenyamanan dan ketenangan kepada mahasiswa dalam mengerjakan tugas maupun belajar selama menempuh pendidikan di program doktor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Ruangan dilengkapi dengan 1 perangkat komputer dan 1 set loker untuk menyimpan peralatan mahasiswa. Buka mulai dari jam 08.00 - 18.00 Wib

Jurnal Online
Jurnal Online

Jurnal online ini adalah sebuah wadah yang menampung semua jurnal yang telah diterbitkan oleh UMY yang terdiri dari bermacam bidang ilmu pengetahuan. Dengan adanya jurnal online ini diharapkan ilmu yang terkandung dalam jurnal yang ada dapat tersebar semakin luas ke berbagai kalangan

Perpustakaan
Perpustakaan

Selain buku-buku yang sangat banyak dan lengkap untuk semua bidang studi, perpustakaan juga memiliki beberapa fasilitas yang ditawarkan diantaranya ruang baca yang nyaman, ruangan multimedia, perpustakaan referensi, musholla dll. Terletak di Lantai 1 Gedung Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Senin-Jumat : 08.00 - 16.00
Sabtu : 08.00 - 13.00

Professor's Guest House
Professor's Guest House

UMY menyediakan fasilitas tempat tinggal untuk dosen tamu yang akan memberikan kuliah pada program tertentu. Professor's Guest House tersebut sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai seperti tempat tidur, televisi, air conditioner, koneksi internet, kamar mandi, dan juga dapur.

Masjid KH. Ahmad Dahlan
Masjid KH. Ahmad Dahlan

Terletak di pusat gedung terpadu UMY untuk memudahkan akses ibadah. Masjid KH. Ahmad Dahlan ini juga berfungsi sebagai public space untuk tempat belajar, diskusi dan rapat kegiatan mahasiswa.

UMY Boga
UMY Boga

Menyediakan makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau. Kantin ini banyak memiliki menu makanan, seperti bakso, soto, siomay, dan lain-lain. Buka mulai pukul 08.00 sampai 17.00 wib dan berada dekat dengan masjid Ahmad Dahlan.

Café 1912 UMY
Café 1912 UMY

Sebagai Co-Working Space bagi mahasiswa, Cafe ini memberikan fasilitas terbaik yang dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran di luar ruangan. Didukung dengan internet yang cepat dan mumpuni mampu mendorong aktivitas mahasiswa, salah satunya kuliah daring yang telah diterapkan UMY.

Desain interior yang menarik membuat mahasiswa semangat dan antusias dalam menyelesaikan studi di UMY. Beragam menu makanan dan minuman telah tersedia dengan harga terjangkau.