Rektor UMY Kepada 1288 Wisudawan/i: Kalian Adalah Calon Pengubah Nasib Bangsa

10 Juni 2021, oleh: superadmin

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menggelar prosesi Wisuda Sarjana, Pascasarjana, dan Vokasi periode IV Tahun Ajaran 2020/2021 pada Rabu (09/06) di Gedung Sportorium, UMY. Penyelenggaraan wisuda ini merupakan yang keempat kalinya dilaksanakan secara daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan) sejak masa pandemi.

Rektor UMY, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM., mengingatkan kepada 1288 wisudawan/i bahwa setelah lulus dari UMY, merekalah yang akan menjadi calon pimpinan Indonesia masa depan yang akan mengubah nasib bangsa kedepannya. Gunawan, dalam sambutannya juga berterimakasih kepada para orang tua yang telah memberikan kepercayaan kepada UMY untuk ikut andil dalam mendidik dan mempersiapkan sebagian masa depan dari para wisudawan/i. “Lima belas atau dua puluh tahun ke depan, semoga nama-nama yang akan diwisuda pada hari ini ke depannya dapat menjadi salah satu nama yang menggoreskan keharuman pada bangsa. Semoga do’a tulus dan ikhlas yang kita berikan dapat memberikan jalan terang dan kecerahan masa depan kepada mereka,” ungkapnya.

Meskipun sudah digelar untuk yang keempat kalinya dengan suasana yang lebih terkontrol, UMY tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Salah satunya ialah dengan meminta para wisudawan/i menyerahkan surat hasil tes Rapid Antigen atau Genose sebagai syarat mengikuti prosesi wisuda secara luring. Selain itu, selama prosesi wisuda digelar, para wisudawan/i duduk dengan jarak kursi yang telah diatur sebanyak 1 meter, tetap menggunakan masker dan face shield, mencuci tangan, dan mengecek suhu tubuh sebelum memasuki gedung.

Protokol kesehatan lain yang diterapkan oleh UMY adalah dengan melakukan disinfeksi lokasi pelaksanaan wisuda sebelum dan sesudah prosesi berlangsung, serta melakukan penjagaan ketat terhadap para wisudawan/i agar tidak berkumpul dan membuat kerumumanan. Prosesi wisuda ini dihadiri oleh 1288 wisudawan/i dan digelar dalam dua sesi, pagi dan siang. (ays)