Tawarkan Gagasan Manajemen Implementasi Moderasi Beragama, Sunyoto Usman Ajak Dosen & Mahasiswa Berkolaborasi

23 Maret 2021, oleh: superadmin

Guru Besar Politik Islam UMY Prof. Sunyoto Usman mengajak dosen dan mahasiswa berkolaborasi dalam mengembangkan moderasi agama di Indonesia. Gagasanya berjudul “Managing Implementation Of Religious Moderation” disampaikannya pada diskusi yang digelar Program Doktor Politik Islam, Senin (22/3) di Lounge Pascasarjana UMY.

Sunyoto Usman menjelaskan bahwa sejumlah organisasi keagamaan (seperti Muhammadiyah dan NU), pemerintah, lembaga swadaya masyarakat dan perguruan tinggi boleh jadi sudah menyelenggarakan program religious moderation (Islam) terutama dalam rangka de-radikalisme, amun ditengarai hasilnya masih belum optimal. Hasil yang belum optimal ini mengacu pada adanya selisih waktu antara das sein (apa yang terjadi) dengan das sollen (apa yang diharapkan), karena itu dibutuhkan managing implementation yang relevan, efektif, efisien dan berkelanjutan.

Kemudian, beliau melihat bahwa S3 Politik Islam UMY mampu menyelenggarakan kajian tentang managing implementation ini dengan menggandeng Pimpinan Pusat Muhammadiyah, pemerintah, organisasi keagamaan lain, lembaga swadaya masyarakat, dan kalangan profesional, baik di tingkat regional, nasional maupun internasional.

“gagasan baik ini kedepannya dapat diwujudkan dengan penelitian jangka panjang dan diharapkan civitas akademik prodi baik dosen dan mahasiswa mampu berkolaborasi dan berpartisipasi dalam riset di kurun waktu tahun 2021 hingga 2026,” tutup Sunyoto Usman.