Tawarkan Kerjasama Penelitian, Politik Islam UMY Sambut Tamu dari Universitas Indonesia

25 Maret 2021, oleh: superadmin

Program Studi Politik Islam – Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarata (UMY) menerima kunjungan tamu dari Universitas Indonesia Senin (22/03/21). Kedatangan Dr. Ngatawi Al Zastrouw dan Hendra disambut oleh Ketua Program Studi Doktor Politik Islam Dr. Zuly Qodir, M.Ag. serta Sekretaris Prodi Dr. Hasse Jubba, M.A. Turut mengundang Dr. Dyah Mutiarin ebagai perwakilan dari LP3M UMY dan Dr. Mega Hidayati dari dosen homebase Politik Islam UMY.

Kunjungan berlangsung di ruang study hall Pascasarjana UMY dengan pembahasan tawaran kerjasama mengenai penelitian tentang moderasi keagamaan yang ada di Indonesia. Selain itu, kerjasama ini juga menggandeng ormas islam besar di Indonesia NU dan Muhammadiyah. “harapannya, kita dapat bekerjasama dengan Muhammadiyah yang diwakilkan oleh UMY ini dengan tujuan nilai-nilai moderasi keagamaan bisa sampai ke anak-anak generasi Z sekarang” jelas Hendra. Anak Generasi Z atau anak kelahiran diatas tahun 2000 kurang memperhatikan nilai moderasi keagamaan sehingga sering terjadi isu-isu konflik agama, tambah Zastrouw.

“Saya kira ini merupakan hal baik, tentu kita sambut dengan baik” jelas Zuly. Tawaran kerjasama ini sangat baik untuk memperbaiki anak muda sebagai generasi penerus bangsa. Zuly akan menkoordinasikan ke Ketua Umum PP Muhammadiyah, rektor UMY, dan Majlis Dikti untuk tindak lanjut.

Dyah Mutiarin menambahkan bahwa LP3M biasanya kerjasama dalam bidang penelitian, nanti bisa saja dikembangkan seperi exchange research mahasiswa UMY ke UI atau sebaliknya.