Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Terima Kerjasama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP)

16 April 2021, oleh: superadmin

Rabu (14/4/21) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) terima tanda tangangan kerjasama dengan Badan pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) di ruang sidang direktur Pascasarjana UMY. Acara ini merupakan lanjutan dari acara seminar yang dilaksanakan pada 5 April 2021 di Gedung E6. KH. Ibrahim UMY dengan tema “Pembudayaan Nilai-Nilai Pancasila pada Generasi Milenial di Kalangan Perguruan Tinggi Muhammadiya”.

Turut hadir dalam acara ini Rektor UMY Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., Kepala BPIP Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA., Ph.D, dan  Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan BPIP Prof. FX. Adji Samekto, SH., M.Hum. Selain itu dihari juga Dr. Zuly Qodir selaku Kaprodi S3 Politik Islam dan tamu undangan lainnya.

Tanda tangan kerjasama ini merupakan kerjasama antara Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan BPIP dan UMY yang memiliki 4 poin inti yakni:

  1. Sosialisasi dalam rangka pembumian Pancasila meliputi tapi tidak terbatas pada kegiatan seminar, lokakarya, diskusi kelompok terpumpun, dan kegiatan ilmiah lain;
  2. pembudayaan nilai-nilai Pancasila melalui pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, penyusunan model pembudayaan dan aktivitas lainnya serta pengabdian atau pemberdayaan masyarakat;
  3. penggunaan sarana dan prasarana di lingkungan UMY untuk sosialisasi dan pembudayaan nilai-nilai Pancasila serta peningkatan asas gotong-royong dalam pembumian Pancasila;
  4. pertukaran data dan informasi sesuai kebutuhan UMY – BPIP yang dilaksanakan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan serta memperhatikan tingkat kerahasiaan data dan informasi masing-masing (UMY-BPIP)

Gunawan mengatakan bahwa kerjasama ini sangat strategis dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai pancasila kepada anak muda apalagi di wilayah kampus melihat masyarakat UMY kebanyakan milenial. “Kerjasama antara BPIP-UMY sangat strategis untuk sasaran penanaman nilai-nilai pancasila pada kalangan  mahasiswa” jelas Gunawan. Rektor UMY juga menambahkan keprihatinannya pada kalangan muda yang tidak hafal sila dalam Pancasila yang menjadi viral di media sosial.

Kepala BPIP berharap semoga kerjasama ini akan benar-benar terealisasikan dan berjalan sesuai harapan, jangan hanya sebagai dokumen yang tersimpan. “Semoga Kerjasama ini dapat berjalan dengan lancar dan tidak menjadi fiktif atau hanya menjadi dokumen saja, harus ada aksi nyata” jelas Yudian.