WIRANESIA.ID – Yogyakarta – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memiliki Program Studi Politik Islam/Ilmu Politik di Program Doktor (S3) Pascasarjana UMY. Yang kuliah disini mahasiswa dalam dan luar negeri. Program Pascasarjana sudah terakreditasi institusi (AIPT) UMY A (SK BAN PT No.061/SK/BAN-PT No. 061/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013). Sedangkan prodi Politik Islam/Ilmu Politik akreditasi A dengan SK BAN PT no.0104/SK/BAN-PT/Akred/D/III/2016).

Program S3 Politik Islam-Ilmu Politik  mempunyai visi Menjadikan program studi strata  doktor kajian politik Islam terkemuka di Asia dalam pengembangan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru melalui riset yang dipublikasikan secara nasional dan internasional untuk kemaslahatan umat, bangsa dan negara. Sedangkan misinya adalah Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, publikasi, pengabdian masyarakat, serta kerjasama internasional yang berbasis ilmu sosial politik yang dipadukan secara tematik, integratif, dan inovatif dengan studi politik Islam kontemporer.

Dilihat dari aspek kurikulum, S3 Politik Islam UMY, telah mengikuti model KPT yang berbasis KKNI. Kurikulum ini terdiri dari 42 SKS yang dapat diselesaikan selama 6 semester. Kurikulum ini meliputi 1. Perkuliahan Filsafat ilmu politik, studi politik Islam, metode penelitian dan bahasa asing (Inggris, Arab dan Indonesia) sebagai pilihan. 2. Ujian komprehensif (makalah dan presentasi) 3. Disertasi (proposal) seminar hasil, ujian tertutup, dan ujian terbuka).4. konferensi (paper dan presentasi 5. Jurnal (submit artikel).

Program S3 politik Islam-Ilmu politik memiliki ruang lingkup penelitian dan tema disertasi meliputi negara, kekuasaan, dan agama; gerakan Islam, media, Islam dan politik, demokrasi; partai politik, pemilu dan parlemen; masyarakat beradab; organisasi Islam; kejahatan internasional dan terorisme; konflik regional dan resolusi; kelompok minoritas di kawasan; kebijakan luar negeri; kebijakan publik; pelayanan publik; organisasi publik; kepemerintahan.

Menurut Rashda Diana (mahasiswa), kami sangat bangga kuliah kuliah disini karena prodi terakreditasi A, fasilitas mewah, dosen berkualitas dan sejak awal langsung dibimbing dan diarahkan untuk menyelesaikan segera disertasi secara berkyalitas, tuturnya.

Biaya studi program doktor politik Islam-Ilmu politik, untuk pendaftarannya sebesar Rp. 1.000.000,-, biaya kuliah SPP persemester Rp. 15.500.000,-, biaya ujian tertutup Rp.10.000.000,- dan ujian terbuka Rp. 17.500.000,-

Program Doktor S3 politik Islam – ilmu politik UMY ini di ketuai oleh DR. Zuli Qodir yang baru dua bulan menjabat. Doktor muda ini tergolong produktif yang telah melahirkan karya karya intelektualnya berupa buku sebanyak 14 buah buku. Beliau produktif menulis di media nasional, salahsatunya Harian KOMPAS. Ketua program studi Politik Islam-Ilmu Politik S3 UMY ini telah 50 kali tulisannya di muat jurnal  nasional dan internasional.

Program Doktor (S3) ini mempunyai unit pendukung pendidikan, penelitian dan beasiswa dari Jusuf Kalla School of Government (JKSG), Ahmad Syafii Maarif School of Political Thought and Humanity (ASMS), dan Mahathir Global Peace School (MGPS – IDFR (Institute of Diplomatic anggota Foreign Relations).

Selain program doktor (S3) politik Islam-Ilmu politik, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta juga memiliki program doktor prodi manajemen dan psikologi pendidikan Islam. Dalam setahun program Doktor Politik Islam-Ilmu Politik menerima mahasiswa baru S3 dua kali. Mari kuliah S3 di UMY.***

Sumber: http://wiranesia.id/2019/02/23/program-doktor-s3-politik-islam-ilmu-politik-umy-mendunia/