Menulis artikel jurnal merupakan sebuah keharusan bagi mahasiswa, selain sebagai salah satu prasyarat dalam menyelesaikan program studi jenjang doktoral, juga sarana informasi  pengetahuan bagi masyarakat secara umum.

Sebagai upaya peningkatan publikasi artikel mahasiswa, Program Studi Doktor Politik Islam-Ilmu Politik mengadakan Klinik Artikel Jurnal “ Peta Isu Kontemporer dan Penulisan Artikel yang Efektif “, Kamis (24/1) di Ruang Sidang Prodi Politik Islam-Ilmu Politik, Gedung Pascasarjana Lt. 1, Kampus Terpadu UMY. Tampil sebagai narasumber, Prof. Irwan Abdullah, Ph.D (Universitas Gadjah Mada) dan Prof. Hyung-Jun Kim, Ph.D (Kangwon National University). Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dr. Zuly Qodir, M.Ag dan dihadiri seluruh mahasiswa politik islam-ilmu politik.

Di hadapan mahasiswa, Irwan Abdullah menyampaikan pentingnya memilih jurnal terlebih dahulu baru menulis artikel. “Terdapatnya situs Scimago Journal & Country Rank (SJR) dapat dijadikan referensi dalam memilih jurnal. Kemudian, carilah artikel yang sesuai dengan tulisan yang telah dibuat,” ungkap Irwan Abdullah.

Dia menyarankan agar memilih  jurnal yang terbitan 2 kali dalam setahun karena tingkat kepastian untuk diterima lebih tinggi. Selain itu, ketentuan penulisan seperti 25 alinea atau 4000 kata perlu diperhatikan dalam menulis artikel jurnal.

Sementara itu, Hyung Jun mencontohkan artikelnya yang berjudul The Changing Interpretation of Religious Freedom in Indonesia’ sebagai contoh pola penulisan sebuah artikel. Penulisan artikel dibangun atas data original seperti kasus yang kongkret dan mempersuasif. Dalam menulis artikel perlu memperhatikan argumen secara teoritik dan faktual.