Dalam rangka meningkatkan kualitas publikasi artikel mahasiswa, Program Doktor Politik Islam-Ilmu Politik mengadakan Workshop Penulisan Artikel Jurnal Bereputasi Internasional. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 19, 21 dan 22 November 2018 di Ruang Sidang Direktur Pascasarjana Lt. 1, Gedung Kasman Singodimedjo, Kampus Terpadu UMY. Peserta workshop merupakan mahasiswa angkatan baru dan mahasiswa yang sedang mengerjakan disertasi. Sementara itu, hadir sebagai narasumber diantarannya, Prof. Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc., Hilman Latief, M.A., Ph.D., dan Eko Priyo Purnomo, M.Si., M.Res., Ph.D.

Workshop pada Senin (19/11) terbagi menjadi dua sesi materi. Sesi pertama berlangsung pada pukul 09.00 – 11.00 dengan tema “Strategi Memilih Jurnal (Praktik) dan Kelengkapan Artikel” yang dipaparkan oleh Prof. Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc. Dihadapan mahasiswa, Prof. Nurmandi menyampaikan pentingnya menulis artikel dengan judul yang menarik agar banyak dibaca, namun tetap memperhatikan kaidah-kaidah dalam penulisan jurnal, seperti misalnya ketentuan 7000 kata dalam jurnal. Sementara itu, sesi kedua yang berlangsung pada pukul 13.00 – 15.00 pemaparan materi dilakukan oleh Hilman Latief, M.A. Ph.D. dengan tema “Kiat-Kiat Menulis Artikel”.

Kemudian hari berikutnya, Rabu (21/11) Eko Priyo Purnomo, M.Si, M.Res., Ph.D. memaparkan materi  “Proses Submit dan Revisi Artikel” kepada mahasiswa. Eko Priyo menerangkan proses submit artikel jurnal dapat dilakukan melalui ScholarOne Manuscripts. Mahasiswa diminta membuat Account ScholarOne Manuscripts guna mempermudah proses submit artikel yang telah dibuat.

Eko Priyo menambahkan respon dari editorial board pada Jurnal Internasional berbeda-beda waktunya, ada yang cepat maupun singkat, sehingga perlu memperhatikan kedetailan informasi dari artikel yang akan di submit.

Diakhir workshop  yang berlangsung pada Kamis (22/11) dilakukan Review Artikel terhadap Draf Artikel Jurnal mahasiswa yang telah dikumpulkan. Review dilakukan oleh Prof. Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc dan Eko Priyo Purnomo, M.Si., M.Res., Ph.D. Dengan adanya review artikel ini diharapkan mahasiswa memahami penulisan artikel secara baik dan benar sesuai dengan kaidah penulisan artikel.