Menulis artikel jurnal merupakan sebuah keharusan bagi mahasiswa, selain sebagai salah satu prasyarat dalam menyelesaikan program studi jenjang doktoral, juga sarana informasi  pengetahuan bagi masyarakat secara umum.

Sebagai upaya peningkatan publikasi artikel mahasiswa, Program Studi Doktor Politik Islam-Ilmu Politik mengadakan Workshop Penulisan Artikel Jurnal Bereputasi Internasional “ di Ruang Sidang Direktur Pascasarjana, Gedung Kasman Singodimedjo, Kampus Terpadu UMY. Kegiatan berlangsung selama 2 hari mulai dari tanggal 23-24 Juni 2019.  Tampil sebagai narasumber, Prof. Dr. Irwan Abdullah, M.A. (Guru Besar Antropologi Universitas Gadjah Mada). Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dr. Zuly Qodir, M.Ag  dan dihadiri mahasiswa politik islam-ilmu politik dan beberapa mahasiswa UGM.

Di hadapan mahasiswa, Irwan Abdullah menyampaikan kunci menulis terletak pada tradisi, ada atau tidaknya tradisi menjadi penentuan dalam kebiasaan menulis. Menulis dapat dikatakan seni mencuri waktu, karena bukan masalah bisa atau tidaknya tetapi kemauan untuk belajar dan mempraktekan menulis itu sendiri. Dia mencotohkan, menulis artikel untuk jurnal dapat diselesaikan selama 25 hari dengan 1 alinea/hari. 1 alinea terdiri atas 10 – 15 baris, dimana 1 baris terdiri atas 10 – 15 kata.

Irwan Abdullah mengungkapkan aturan-aturan dalam penulisan jurnal perlu dipahami sebelum menulis dan men­-submit artikel pada jurnal. Selain itu, Dia menekankan pentingnya kepatuhan pada template jurnal yang ingin dituju.