Dr. Fajar Junaedi saat memberikan materi jurnalistik

Sebagai media informasi dan komunikasi bagi mahasiswa dan masyarakat luas, kebutuhan informasi akan berita yang up to date menjadi hal penting dalam sebuah website. Merespon hal ini, Program Studi (Prodi) Doktor Politik Islam-Ilmu Politik terus mendorong admin website untuk mengikuti pelatihan jurnalistik.

Admin Web Prodi, Danang Eko Prastya berkesempatan mengikuti Pelatihan Jurnalistik yang digelar Biro Humas dan Protokol Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Pelatihan ini berlangsung pada Senin, (10/2) di Amphiteater Pascasarjana UMY. Tampil sebagai narasumber, Dr. Fajar Junaedi, M.Si.

Dosen Ilmu Komunikasi UMY ini mengungkapkan berita pada website seharusnya dapat diterbitkan secara teratur mengingat kebutuhan akan sebuah informasi. “Minimal berita diterbitkan seminggu 2 kali agar website kelihatan aktif dan meningkatkan minat pembaca,” ujar Fajar.

Fajar mengatakan bahwa struktur dan teknik pengutipan dalam menulis berita menjadi hal penting yang perlu diperhatikan oleh admin web. “Keberadaan 5 W+1 H dalam berita wajib ada ketika menulis berita. Selain itu, pengutipan dapat dibuat dengan pola yang berbeda. Misal, paragraf pertama menggunakan kutipan langsung, sedangkan paragraf kedua dapat menggunakan kutipan tidak langsung,” terang Fajar.

Dia berharap dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pemberitaan pada website prodi maupun fakultas. (dep)